TERNYATA STRES BEKERJA BISA MEMICU KANKER JUGA LOH

TERNYATA STRES BEKERJA BISA MEMICU KANKER JUGA LOH

TERNYATA STRES BEKERJA BISA MEMICU KANKER JUGA LOH – Demi bertahan hidup, seseorang haruslah bekerja di usia produktifnya. Sayangnya, terkadang tuntutan pekerjaan begitu berat sehingga stres pun rentan timbul. Menurut penelitian yang dilakukan di Kelley School of Business di Indiana University juga mengatakan. Bahwa stres karena bekerja bisa dipengaruhi oleh politik kantor. Tidak adanya waktu istirahat yang manusiawi setelah seharian bekerja, hingga tekanan yang terkadang tidak masuk akal.

Ketika seseorang terlibat stres secara berkepanjangan, maka selain ketegangan emosi, meningkatnya risiko terkena penyakit serius pun akan terjadi. Salah satunya adalah kanker.

Satu reaksi yang mungkin dialami tubuh akibat situasi pekerjaan yang penuh tekanan adalah. Peningkatan denyut jantung dan pernapasan yang lebih cepat. Tekanan yang terus-menerus ini bisa menimbulkan komplikasi di sistem pernapasan, termasuk paru-paru. Akibatnya akan muncul penyakit paru obstruktif kronik yang kemudian bisa berakhir dengan kanker paru-paru.

The American Cancer Society memperkirakan akan ada 95.520 kasus kanker usus besar di tahun 2017 ini. Penyebabnya adalah saat kamu tidak bisa mengontrol stres dengan baik. Maka semua bagian tubuh juga akan terkena stres, termasuk usus besar.

Konsumsi makanan tinggi serat, banyak minum air. Serta mengurangi stres bisa membantu mengurangi konstipasi yang bisa muncul saat kamu berada di bawah tekanan. Selain itu pertimbangkan pula untuk rajin berjalan kaki serta menarik napas mendalam untuk mengontrol stres.

Kanker rektum adalah jenis kanker ketiga yang paling umum menyerang tubuh manusia pada saat ini. Stres ditengarai menjadi salah satu penyebabnya, selain pola makan yang tidak sehat serta kegemukan.

Penelitian dari Scientific Reports melaporkan bahwa mereka yang stres dan menganut pola hidup tidak sehat seperti merokok. Banyak minum minuman beralkohol, serta konsumsi makanan cepat saji berada di risiko paling tinggi untuk mengalami kanker rektum.

Agar kamu terhindar dari penyakit ini tentu manajemen stres sangatlah diperlukan. Serta, jangan lupa untuk selalu menganut pola hidup sehat.

Tribunqq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!