Terjadi Bom Teror Masjidil Haram Jelang Hari Raya Idul Fitri

Terjadi Bom Teror Masjidil Haram

Telah terjadi bom teror Masjidil Haram yang terletak di Arab Saudi jelang hari raya Idul Fitri. Namun, untungnya kepolisian setempat berhasil menggagalkan upaya serangan bom tersebut. Polisi setempat juga sudah menangkap 5 pelaku yang diduga merupakan dibalik semua rencana serangan ini.

Meski adanya teror bom tersebut, aktivitas ibadah di Masjidil Haram tetap dilanjutkan dan tidak terganggu sama sekali. Hal tersebut terlihat dari siaran langsung dari Al-Arabiya News channel dimana jemaah tengah melaksanakan salat tarawih kala itu.

Lima orang tersangka yang diduga terlibat serangan ke Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi telah berhasil ditangkap. Salah satu tersangka itu merupakan seorang wanita. Penyergapan terrsangka dilakukan saat fajar menyingsing. Petugas menangkap lima tersangka di antaranya seorang wanita sebelum mengepung lokasi terduga pelaku bom bunuh diri.

Mereka ditangkap setelah terjadi baku tembak dengan petugas di lokasi persembunyian mereka. Kementrian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan ada tiga sel yang telah menyiapkan serangan terhadap jemaah dan pasukan keamanan di Masjidil Haram. Rencana serangan tersebut sengaja dilakukan menjelang Idul Fitri.

Tidak Ada Korban Jiwa Setelah Terjadi Bom Teror Masjidil Haram

Penyerangan berupa bom bunuh diri yang bisa digagalkan tersebut terjadi pada hari Jumat (23/6) malam waktu setempat. Meski telah menangkap lima terduga pelaku, petugas belum dapat memastikan siapa otak penyerangan tersebut.

Ledakan itu menyebabkan sebagian bangunan tempat pria pelaku bom bunuh diri itu bersembunyi. Ledakan itu juga melukai enam jemaah. Pasukan keamanan mengepung rumah tempat pelaku bersembunyi.

Saat penyergapan, tersangka menolak untuk menyerahkan diri dan melepaskan tembakan ke pasukan keamanan.

Keenam warga ekspatriat tersebut sempat dibawa ke rumah sakit. Kini kondisi mereka telah membaik. Selain keenam korban itu, lima orang pasukan keamanan ikut terluka akibat aksi tembakan itu. Diduga serangan tersebut direncanakan oleh tiga kelompok, yakni dua berbasis di Mekkah dan satu di Jeddah.

Seperti yang diketahui, Masjidil Haram merupakan salah satu dari tiga tempat tersuci bagi umat Islam seluruh dunia. Di dalam Masjidil Haram terdapat Kakbah yang menjadi kiblat salat seluruh muslim di dunia.

Selain berita ini, baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

terjadi bom teror masjidil haram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!