Teori Sains Terpenting Bagi Kehidupan Mahkluk Hidup di Dunia

Teori Sains Terpenting

semua hal terkait teknologi yang kita nikmati saat ini merupakan sebuah hasil dari teori sains terpenting di dunia. Teknologi didapatkan dari nol, dikembangkan terus menerus dalam waktu yang sangat-sangat lama. Dalam hal ini ada teori sains itulah yang akhirnya membuat teknologi sendiri itu ada.

Teori tersebut lahir dari ratusan tahun yang lalu, kini berkembang jadi lampu, Televisi, hingga smartphone yang saat ini kita genggam. Hampir semua bentuk perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa terjadi akibat penemuan gaya fundamental. Gaya fundamental sendiri terdiri dari gaya nuklir kuat dan lemah, elektromagnetik, serta gravitasi.

Ada beberapa teori pentng beserta penemuannya yang sebenernya tak pantas untuk kita lupakan. Mengingat berbagai jasanya dalam kehidupan penuh kecanggihan yang kita jalani saat ini. Berikut ini adalah teori-teori sains yang sangat penting bagi kehidupan manusia di bumi ini

Teori Sains Terpenting : Gravitasi dari Isaac Newton

Gravitasi, Newton dapatkan saat ini berumur 23 tahun. Ia melihat sebuah apel jatuh dari pohon. Ketika itu dia penasaran mengapa sebuah benda bisa jatuh ke Bumi dan bertanya apakah bulan juga bisa jatuh ke bumi. Newton sadar bila bulan juga jatuh. Namun tidak menabrak Bumi, melainkan mengelilingi Bumi dalam lintasan melingkar sama halnya dengan terbit dan terbenamnya matahari.

Akhirnya Newton menyimpulkan bila setiap dua benda di alam semesta mengeluarkan gaya tarik satu sama lain sesuai dengan massa dan ukuran mereka. Semakin besar benda, makin besar gaya gravitasi yang dihasilkan.

Teori Sains Terpenting : Listrik dari Michael Faraday

Listrik adalah hal paling penting dalam hidup kita. Bayangkan rasanya hidup tanpa smartphone yang hidup. Smartphone yang tak ada aliran listriknya, tak ubahnya batu. Dan itulah yang membedakan kita dengan masyarakat purba.

Ide sederhana itu akhirnya melahirkan revolusi listrik. Sejak saat itu banyak ilmuwan lain yang melakukan eksperimen soal listrik berdasarkan Hukum Faraday. Hasilnya pun signifikan, mulai dari dinamo sepeda, pembangkit listrik tenaga air, hingga reaktor nuklir.

Teori Sains Terpenting : Tenaga Nuklir

Matahari adalah sumber energi utama dari Bumi ini. Matahari yang sudah mencapai umur ke 5 miliar tahun masih bisa tetap bertahan disebabkan karena adanya nuklir. Pada dasarnya gaya nuklir terdiri dari lemah dan kuat. Gaya nuklir lemah adalah radiasi yang terdapat di zat-zat radioaktif seperti Uranium atau Plutonium. Meski melekatkan benda yang sangat kecil, namun gaya nuklir kuat merupakan sumber energi terbesar di jagad raya.

Baca Juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

teori sains terpenting

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!