Persiapan Biaya Sebelum Menikah yang Wajib Disiapkan

Persiapan Biaya Sebelum Menikah

Pernikahan dan membentuk keluarga merupakaan dambaan semua orang, tentu ada persiapan biaya sebelum menikah yang wajib diketahui. Menikah menjadi salah satu fase hidup yang umum ditempuh oleh seseorang, ketika usianya menginjak dewasa. Idealnya, menikah dilakukan, ketika seseorang telah mandiri secara finansial.

Namun, untuk memutuskan menikah, tak cukup kesiapan secara mental atau batin. Kesiapan finansial juga penting agar pernikahan bisa lancar. Berikut ini ada beberapa persiapan biaya yang wajib diketahui semua orang sebelum melakukan acara pernikahan tersebut.

Menyelenggarakan resepsi atau seremoni pernikahan jamak dilakukan oleh pasangan menikah. Terlebih di Indonesia, di mana rasa kekeluargaan masih sangat kuat. Pastikan Anda telah memiliki persiapan untuk pos biaya seremonial pernikahan ini. Kebutuhan biaya untuk seremoni pernikahan akan sangat tergantung pada rencana Anda menyelenggarakan jenis seremoni seperti apa.

Bila seremoni sederhana, biayanya bisa lebih hemat. Sebaliknya, bila seremoni digelar cukup besar, biayanya juga tentu lebih banyak.

Biaya medical check up cukup penting disiapkan, terutama bila Anda dan pasangan berencana memiliki momongan setelah menikah. Pemeriksaan kesehatan sebelum menikah cukup penting untuk meminimalisasi risiko kesehatan kelak. Biaya pemeriksaan kesehatan pre wedding beragam, mulai Rp1 juta ke atas.

Bila memang Anda memiliki rencana berbulan madu bersama pasangan seusai menikah, akan lebih baik bila kebutuhan dananya Anda persiapkan jauh-jauh hari. Kebutuhan dana untuk bulan madu juga tergantung dari destinasi atau jenis bulan madu yang Anda inginkan. Bila bulan madu ke luar negeri sudah pasti biayanya lebih mahal ketimbang di dalam negeri.

Anda bisa menghemat biaya dengan memanfaatkan promo pembelian tiket dan akomodasi memakai kupon diskon atau promo kartu kredit.

Biaya tempat tinggal setelah seremoni juga tentu harus ada perhatikan dan persiapkan. Anda tentu sudah harus memutuskan akan berdomisili di mana kelak setelah menikah. Siapkan kebutuhan biaya tempat tinggal sehingga Anda bisa fokus ke hal yang penting.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!