Perbandingan Jokowi-Ahok dan Anies-Sandi Dalam Memimpin DKI Jakarta

Perbandingan Jokowi-Ahok dan Anies-Sandi

Memasuki hari keempat usai pelantikan, saatnya melihat perbandingan Jokowi-Ahok dan Anies-Sandi di awal-awal memimpin Jakarta. Anies dan Sandi resmi dilantik pada hari senin, 16 oktober lalu. Keduanya mulai bekerja di Balai Kota DKI Jakarta dan terlihat selalu bersama. Hingga hari ketiga pun mereka masih terlihat selalu bersama dalam memimpin.

Pada hari pertama kerja, Anies dan Sandi datang ke Balai Kota secara bersama. Waktu itu Anies secara khusus menjemput Sandi di kediaman Sandi dan datang ke Balai Kota dengan satu mobil. Masih di hari yang sama, Anies dan Sandi juga menjajal bus tingkat gratis dari halte Balai Kota. Kemudian dilanjutkan dengan naik bus Transjakarta untuk meninjau underpass Mampang-Kuningan. Bahkan di dalam bus mereka terlihat duduk berdampingan dan hari itu ditutup dengan pulang bersama menggunakan sepeda motor.

Berbeda dengan Anies-Sandi, saat Jokowi dan Ahok dilantik 2012 lalu. Saat itu, Jokowi tidak ingin berlama-lama merealisasikan janji-janjinya semassa kampanye. Di hari pertama, Jokowi langsung menyambangi warga Jakarta melakukan kunjungan kerja ke pemukiman warga. Jokowi mendapatkan pemaparan soal rencana pembangunan kampung susun. Sedangkan Ahok tidak ikut bersama Jokowi ke pemukiman warga. Ahok langsung bergerak membenahi birokrasi. Ahok juga mendampingi Jokowi rapat dengan jajaran Pemprov DKI. Seusainya, ahok melanjutkan rapat dengan Bapeda.

Perbandingan Jokowi-Ahok dan Anies-Sandi di Masa Awal Memimpin

Memasuki hari kedua Anies dan Sandi, mereka juga terlihat bersama mengunjungi SDN 04 dan 07 Cawan Jakarta Timur. Pada hari ketiga, walau tidak datang secara bersama-sama tapi pada agenda siang harinya mereka berdua mengunjungi Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Selatan. Seusainya, Anies-Sandi terpisah untuk sementara. Siang itu Anies kembali ke kantornya di Balai Kota DKI Jakarta sedangkan Sandiaga berkunjung ke Dinas Pendidikan. Saat dikonfirmasi soal pembagian tugasnya, Anies mengatakan semua saat ini dikerjakan secara bersamaan.

Sedangkan di hari kedua Jokowi-Ahok, Jokowi mendampingi Presiden saat itu SBY di Jakarta International Expo Kemayoran. Sedangkan Ahok menggelar inspeksi mendadak di setiap ruangan dinas yang berada di Gedung G Pemprov DKI. Niatnya Ahok adalah berkenalan dan bersilaturahmi dengan para kepala biro dan PNS Pemprov DKI yang berada di 18 lantai.

Ahok sempat berpesan kepada Kepala Biro Umum DKI untuk memaksimalkan ketersediaan kamera CCTV. Hari ketiga, Jokowi mengantor di Balai Kota. Begitu pula dengan Ahok di kantor dengan memberi pengarahan pegawai Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!