Perayaan HUT RI ke 72 Dihadiri Semua Mantan Presiden di Istana

Perayaan HUT RI ke 72 di Istana Negara

Penampakan berbeda terlihat dalam upacara perayaan HUT RI ke 72 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8). Selain itu peserta maupun para tamu menggunakan pakaian adat tradisional. Kehadiran ketiga presiden RI setelah reformasi juga turut memberi warna tersendiri dalam perhelatan tersebut.

Ketiganya adalah presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden kelima RI Megawati, dan terakhir SBY yang merupakan presiden keenam RI. Khusus SBY, kehadirannya ini merupakan perdana setelah lengser dari kursi kepresidenan dua tahun silam dan digantikan Joko Widodo.

Dalam upacara memperingati HUT RI sebelumnya, SBY melakukannya di kediamannya Pacitan, Jawa Timur. Sementara untuk BJ Habibie dan Megawati, selalu hadir dalam perhelatan peringatan HUT RI dua tahun sebelumnya. SBY datang bersama istri Ani Yudhoyono. SBY memakai beskap Jawa dan Ani memakai kebaya. Sedangkan BJ Habibie beskap Jawa, sementara Megawati menggunakan kebaya.

Sejumlah menteri kabinet kerja juga hadir. Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menko PMK Puan Maharani. Hadir juga Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Selain itu terlihat juga Kapolri Jenderal Tito Karnavia, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Foto Bersama Usai Perayaan HUT RI 72

Usai upacara, Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla dan para tamu VVIP, termasuk mantan presiden langsung masuk ke dalam Istana. Di dalam Istana, Jokowi, JK dan para mantan presiden berfoto bersama.

BJ Habibie berada di posisi paling pojok sebelah kanan. Di sebelah kirinya ada Iriana Jokowi dan Presiden Jokowi. Di sebelah kiri Jokowi atau persis posisi tengah ada Megawati Soekarnoputri. Di sebelah kiri Mega ada Wapres JK dan istri Mufidah Kalla. Di sebelahnya, alias di posisi pojok kanan ada SBY dan istri Ani Yudhoyono.

Baru kali ini upacara HUT RI di Istana dihadiri oleh seluruh mantan Presiden yang masih hidup. Sebelumnya, saat era SBY menjabat sebagai presiden, Megawati selalu absens. Sementara sejak Jokowi berkuasa pada 2014, baru kali ini SBY hadir di upacara HUT RI.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!