Penyebab Putusnya Hubungan 5 Negara Timur Tengah Dengan Qatar

Penyebab Putusnya Hubungan Arab Saudi Dkk Dengan Qatar

Suasana Timur Tengah kian memanas, pasalnya penyebab putusnya hubungan antara negara-negara ini karena dugaan kuat Qatar membantu terorisme. Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir sudah bulat memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Ini merupakan suatu perpecahan terburuk sepanjang sejarah di Liga Arab.

Arab Saudi juga meminta untuk semua warga negara Qatar untuk segera meninggalkan negaranya dalam waktu kurang dari 14 hari. Semua penerbangan dari maskapai tersebut sudah ditutup dan sudah tidak diperbolehkan lagi ke tujuan 5 negara tersebut.

Banyak hal yang menjadi penyebab retaknya hubungan di antara negara-negara timur tengah ini. Tak sejalan dengan Arab Saudi soal Iran juga menjadi salah satunya. Suadi menginginkan negara-negara Arab yang beraliansi dengan Saudi terutama negara-negara Teluk. Karena Saudi menilai merek memiliki kebijakan politik luar negeri yang seragam.

Sedangkan Qatar merupakan negara di Teluk yang menunjukan sikap independen. Hal ini terbukti dari sikap Qatar yang tetap membangun hubungan dengan Iran walaupun Saudi telah memutuskan hubungannya dengan Iran. Sikap Qatar yang tidak sejalan ini, menimbulkan ketidaknyamanan bagi penguasa Saudi.

Sebenernya tak sejalannya Qatar dengan negara-negara Teluk telah berlangsung sejak dua dekade silam. Puncaknya saat pidato Emir Tamim bin Hamad al-Thani pada Bulan Mei lalu yang dianggap menyatakan dukungan terhadap Iran.

Penyebab Putusnya Hubungan Dugaan Qatar Mendukung Terorisme

Kemudian sikap Qatar yang lebih memberi tempat kepada para kelompok oposisi dari beberapa negara di Timur Tengah. Kelompok-kelompok yang dimaksud juga merupakan kelompok Islam Garis Keras. Mesir sangat marah ketika Qatar melindungi ulama Ikhwanul Muslimin yang terkenal yaitu Yusuf Qaradawi. Qatar juga menolak untuk menyerahkan kepada Mesir untuk diadili.

Kunjungan Donal Trump ke Saudi juga mendapatkan komentar dari kementerian luar negeri Qatar. Seperti yang diketahui Trump tidak begitu suka dengan Qatar karena terlalu dekat dengan Hamas. Kementerian luar negeri menilai bahwa semua kampanye Trump merupakan sebuah kebohongan dan akal-akalan saja.

Dugaan yang sangat kuat terakhir adalah Qatar mendanai kelompok pemberontak Suriah. Seperti yang diberitakan Qatar memberikan dana sebesar tiga miliar Dollar AS pada dua tahun pertama perang saudara. Namun, pemerintah Qatar mengklaim bahwa dukungannya itu berasal dari masyarakat, bukan dari pemerintah.

Selain berita penyebab terjadinya peretakan di antara negara-negara besar Timur Tengah ini, Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

penyebab putusnya hubungan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!