PENGHINA JOKOWI DIVONIS LIMA BELAS BULAN PENJARA

PENGHINA JOKOWI DIVONIS LIMA BELAS BULAN PENJARA

Majelis hakim pengadilan negri lubukbasung kabupaten agam sumatera barat. Menjatuhkan hukuman penjara lima belas bulan kepada Ropi yatsman. Akibat perbuatannya yang menghina presiden Joko widodo dan penyebar ujaran kebencian di faccebook. Terdakwa ditangkap setelah menyebarkan ujaran kbencian di media sosial dan juga mengedit foto presiden Joko widodo. Dan sejumlah Pejabat termasuk Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok).

Dalam sidang di PN lubukbasung senin kemarin. Majelis hakim yang diketahui Mahendrasmara dengan anggota Ida Maryam Hasibuan dan Duano Aghaka menyatakan. Terdakwa terbukti bersalah melakukan tindakan pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan.

Mahendrasmara juga menyatakan terdakwa yang mengedit foto presiden Joko Widodo dalam akun facebooknya. Melanggar pasal 45 ayat 2 dan pasal 28 ayat 2 undang-undang nomor 19 tahun 2016. Tentang perubahan undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Hukuman yang diterima Ropi sama dengan pasal yang dituntut oleh jaksa penuntut umum selama satu tahun tiga bulan. Dalam pertimbangan yang disebutkan mahendrasmara hal yang meringankan terdakwa telah mengakui kesalahan dan bersikap sopan selama persidangan.

Orang tua terdakwa mengatakan selama ini Ropi merupakan tulang punggung keluarga setelah ayahnya sakit beberapa tahun lalu. Dengan vonis itu pihak keluarga berharap Ropi menjalankan hukuman dengan baik dan tidak melakukan kesalahan kembali agar mendapatkan keringanan nantinya.

Ropi ditaangkap di rumahnya jalan raya pasang, bukit tinggi, sumatra barat. Dia tertangkap lantaran kerap mengunggah dan menyebarkan foto meme editan wajah presiden Joko Widodo, gubernur DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Kepada penyidik pelaku mengakui telah melakukan hal tersebut lantaran tidak suka dengan pemerintahan Jokowi. Dari tangan pelaku penyidik mengamankan sejumlah alat bukti. Diantaranya satu unit telepon selular merek blackberry warna hitam dan satu unit telepon selular merek asus bewarna hitam.

Kemudian satu unit central processing unit CPU merek simbadda berwarna hitam. Turut diamankan juga satu buah akun facebook dengan nama Yasmen Ropi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!