Mengingat Pesawat C130 Soekarno Hadiah dari John F. Kennedy

Mengingat Pesawat C130 Soekarno

Mengingat Pesawat C130 Soekarno yang diberikan oleh Presiden AS John F. Kennedy kala itu. Pesawat tersebut bertipe B dengan serial number A1301. Pesawat tersebut akan menjadi koleksi terbaru Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang memiliki banyak sejarah. Sekaligus pesawat tersebut juga menjadi bukti adanya kedekatan antara Presiden RI Soekarno dengan Presiden AS John. F. Kennedy.

Kasie Koleksi Museum Dirgantara Mandala, Heri S, menuturkan ada cerita menarik dibalik kedatangan pesawat C130 itu ke Indonesia. Kedatangan pesawat C130 ini merupakan hasil barter antara JFK dengan Soekarno.

“Waktu itu ada penerbang bayaran asal AS bernama Alan Porp. Pilot itu tergabung dengan pemberontakan Permesta. Alan menerbangkan pesawat untuk Permesta melawan tentara Indonesia,” kata Heri.

Heri menerangkan jika akhirnya pesawat yang diterbangkan Alan Porp berhasil ditembak jatuh. Beruntung Alan Porp masih hidup saat pesawatnya jatuh. Alan Porp pun kemudian ditangkap oleh tentara Indonesia.

“Dia kita tembak jatuh dan kita tangkap. Kemudian Presiden John Kennedy berkomunikasi dengan Presiden Soekarno. Kemudian Alan Porp dilepaskan dan kita dapat pesawat ini. Pesawat ini diterbangkan langsung dari Amerika,” ujar Heri.

Heri menuturkan pesawat C130 ini pertama kali tiba di Indonesia pada 18 Maret 1960. Pesawat pertama kali mendarat di Bandara Kemayoran, Jakarta.

“Selama menjadi milik TNI, pesawat ini digunakan untuk operasi militer maupun membantu penanggulangan bencana baik di Indonesia maupun luar negeri. Untuk operasi militer, pesawat ini digunakan untuk operasi Dwikora dan Trikora,” kata Heri.

“Pesawat akan menambah jumlah koleksi di Museum Dirgantara Mandala. Pesawat ini dikirim dari Bandara Sulaiman pada 22 September yang lalu dan tiba di Bandara Adisutjipto pada Jumat siang. Pesawat diangkut lewat jalur darat dengan melibatkan 10 orang prajurit untuk mengawalnya,” lanjut Heri.

Heri menambahkan bahwa pesawat C130 merupakan pesawat angkut barang berat pertama yang dipunyai oleh Indonesia. Pesawat C130 mampu membawa barang seberat 16 ton dan 90 orang personil.

Baca juga berita menarik lainnya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!