Kisah SEAL Team Six Regu Antiteroris Amerika Serikat Terbaik

Kisah SEAL Team Six

Kisah SEAL Team Six Regu Antiteroris Amerika Serikat Terbaik. Mulai dari operasi Somalia, misi pembunuhan Osama bin Laden, operasi Grenada, hingga penyelematan kapten Phillips. Regu paling elite di militer AS ini tewas dalam pertempuran di Somalia.

Nama SEAL Team Six cukup mentereng dalam beberapa tahun terakhir. Regu yang memiliki nama resmi DEVGRU bisa dibilang andalan utama AS dalam melakukan misi dengan tingkat kerahasiaan tinggi. Prajurit yang terpilih dalam tim ini merupakan prajurit-prajurit terbaik dari Angkatan Laut AS. Mereka dituntut untuk tak hanya cekatan di air, melainkan juga di darat dan di udara.

SEAL Team Six dibentuk pada 1979 saat ada peristiwa penyanderaan warga AS di Iran. Setelah itu militer AS menyadari perlunya untuk membentuk unit permanen untuk setiap peristiwa krisis. Tidak hanya peristiwa krisis, melainkan juga untuk keperluan antiterorisme.

Sejak pertama kali dibentuk, SEAL Team Six sudah terlibat dari berbagai penanganan krisis di berbagai belahan dunia. Tak sedikit aksi mereka diangkat ke layar lebar. Salah satu aksi mereka yang diangkat ke layar lebar adalah saat mereka melakukan operasi Somalia.

Kisah SEAL Team Six Diangkat Layar Lebar

Aksi SEAL Team Six saat melakukan misi di Mogadishu, Somalia diangkat ke layar lebar dengan judul Black Hawk Down. Operasi tersebuts dilakukan pada tahun 1993 dan diangkat ke layar lebar pada tahun 2002. Ketika itu SEAL Team Six dan UNOSOM II berhadapan dengan loyalis dari Farrah Aidid. Saat itu Aidid didukung oleh pemberontak sipil.

Operasi ini menjadi terkenal dengan sebutan Black Hawk Down. Black Hawk Down sendiri merupakan helikopter hitam khas milik Angkatan Laut Amerika Serikat.

Pada tahun 2011, tim ini juga mengambil alih operasi dengan sandi Operasi Tombak Neptunus di bawah otoritas CIA. Seal berhasil membunuh pemimpin organisasi teroris Al-Qaeda, Osama bin Laden. Kesuksesan ini kemudian difilmkan dengan judul ‘Seal Team Six: The Raid on Osama Bin Laden. Selain itu para anggota unit yang ikut dalam operasi tersebut diganjar penghargaan dari Presiden AS pada waktu itu, Barack Obama.

Selain kisah menarik di atas tersebut, Anda juga bisa baca berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Kisah SEAL Team Six

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!