Kebiasaan Fatal yang Sering Dilakukan Banyak Orang di Bulan Ramadan

Kebiasaan Fatal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadan

Saat Berpuasa ada hal yang menjadi kebiasaan fatal yang sering dilakukan kebanyakan orang di bulan suci ramadan. Puasa merupakan kewajiban bagi orang yang memeluk agam Islam untuk memperbanyak amal ibadah.

Bulan puasa memberikanmu banyak manfaat baik dari segi spiritual maupun kesehatan. Dari sisi kesehatan, puasa akan menghindarkan tubuh dari masuknya racun atau zat berbahaya lain yang tidak diperlukan tubuh. Puasa juga bisa menghindarkanmu dari diabetes atau kolesterol tinggi.

Ada beberapa kebiasaan yang tidak sehat yang sering dilakukan banyak orang tanpa mereka sadari. Berikut ada beberapa kebiasaan yang salah dilakukan pada saat berpuasa di bulan suci ramadan.

Kebiasaan Fatal yang Sering Dilakukan Pada Saat Berpuasa

Air sangat diperlukan tubuh untuk menjaganya agar selalu terhidrasi dengan baik. Namun saat puasa, kamu pun tidak boleh minum air. Hasilnya, kamu pun memenuhi kebutuhan air minum ketika sahur. Sebab kamu malah akan sering kencing ketika sahur sebab di jam setelah sahur adalah jam alami tubuh mengeluarkan kotoran. Sebagai gantinya, atur waktu untuk minum saat kamu berbuka hingga sahur.

Olahraga setelah berbuka merupakan salah satu kebiasaan fatal yang sering dilakukan kebanyakan orang berpuasa. Kamu boleh saja berolahraga namun lakukan 2 jam setelah kamu berbuka, ya. Berikan waktu sejenak bagi tubuh untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi agar perut tetap terasa nyaman ketika olahraga.

Mengunyah makanan dengan tergesa-gesa juga menjadi salah satunya. Karena lapar setelah berpuasa seharian, maka kamu pun makan tergesa-gesa ketika berbuka. Hal ini akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan pencernaan. Oleh karena itu kunyahlah makanan secara perlahan.

Banyak mengkonsumsi makanan manis saat berbuka juga kebiasaan yang fatal. Konsumsi makanan manis saat berbuka memang penting untuk mengembalikan energi tubuh yang sempat hilang. Namun jangan mengonsumsinya terlalu banyak, ya. Batasi konsumsi makanan manis agar tidak terjadi lonjakan gula darah yang terlalu tiba-tiba dan akhirnya malah akan membuatmu mengantuk.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

kebiasaan fatal yang sering dilakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!