Isi Kerjasama RI-Arab Setelah Raja Salman Tiba di Instana Bogor

Raja Salman Tiba di Istana Bogor, Ini Isi Kerjasama Antara RI dengan Arab

Isi kerjasama resmi pemerintah Indonesia dengan kerajaan Arab Saudi ada sepuluh bidang. Kerjasama ini telah diresmikan setelah Raja Salman telah tiba di Instana Bogor. Kerjasama RI-Arab ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh sembilan menteri maupun perwakilan. Tidak hanya menteri, masing-masing Kepala Kepolisian antara dua negara juga ikut terlibat dalam kerjasama ini.

Penandatanganan nota kesepahaman dimulai dengan deklarasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi guna peningkatan pimpinan sidang komisi bersama. Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi yang membubuhkan tandatangan untuk bidang ini.

Kerjasama kedua, yaitu disepakati soal pendanaan oleh Arab Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan. Adalah Saudi Fund for Development dan pemerintah Republik Indonesia ditandatangani oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia. Sri mulyani dan Wakil Direktur Saudi Fund For Development yang bertanda tangan atas kerjasama RI-Arab yang kedua ini.

Ketiga, yaitu kerjasama kebudayaan antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nota kesepahaman ini mengenai kontribusi pendanaan Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan. Tentu antara Saudi Fund for Development dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Keempat, penandatangan nota kesepahaman Program kerjasama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Tujuannya untuk otoritas usaha kecil dan menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah.

Baca Juga : Kunjungan Raja Salman ke Bali, Rental Mobil Laku Keras

Kelima, Nota kesepahaman di bidang kesehatan antara Kementerian RI dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Kerjasama ini antara Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi.

Keenam, Nota kesepahaman antara otoritas aero nautica pemerintah Republik Indonesia dan Kementerian serupa. Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ketujuh, bidang kerjasama scientific dan pendidikan tinggi. Nota kesepahaman ini ditandatangani Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dan kementerian pendidikan Kerajaan Arab Saudi.

Selanjutnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dengan Menteri urusan Islam dakwah dan bimbingan Kerajaan Arab. Bekerjasama dalam bidang urusan Islam.

Kerjasama di bidang Kelautan dan Perikanan. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut menandatangani nota kesepahaman ini.

Kementerian perdagangan juga ikut melakukan kerjasama dengan Kementerian Perdangan dan investasi Kerajaan Arab Saudi dalam bidang perdagangan.

Terakhir, Indonesia dan Arab berkomitmen melakukan kerjasama dalam pemberantasan kejahatan. Kerjasama ini ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!