Hary Tanoe Dukung Jokowi di Capres 2019 Timbul Banyak Pertanyaan

Hary Tanoe Dukung Jokowi di 2019

Manuver Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoe dukung jokowi cukup mengejutkan. Hal itu menimbulkan banyak sekali pihak yang mempertanyakan dan meragukan niat dari Hary Tanoe tersebut. Cukup mengejutkan karena sebelumnya ia terlihat tidak mendukung Jokowi di calon pemilihan Presiden 2014.

Partai Perindo memastikan langkah Hary Tanoe mendukung Jokowi tidak ada kaitannya dengan kasus yang tengah mendera bos MNC Group itu. Hary Tanoe diketahui berstatus tersangka dalam kasus SMS yang diduga bernada ancaman terhadap jaksa Yulianto. Dia dijerat Undang-Undang ITE. Hary Tanoe membantah anggapan mengirim SMS ancaman terhadap Yulianto.

Pertimbangan Hary Tanoe mendukung pencapresan Jokowi pada 2019, menurut Rofiq, murni karena satu visi. Ia menegaskan tidak ada agenda lain terkait manuver politik tersebut. Langkah Hary Tanoe tampaknya tak main-main. Sebelum menyatakan dukungan, dia ternyata sempat melakukan pertemuan dengan Mendagri Tjahjo Kumolo selama sekitar 5 jam. Pembicaraan seputar soal kinerja Jokowi.

Tjahjo mengaku terkejut terhadap sikap Hary Tanoe yang langsung mengumumkan ke media soal dukungannya terhadap Jokowi. Hal yang sama disampaikan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Niat Dibalik Hary Tanoe Dukung Jokowi

Banyak keraguan muncul dengan manuver Hary Tanoe. Sebab, selama ini Hary Tanoe diketahui selalu mendukung partai oposisi dan kerap mengkritik kebijakan pemerintah. Partai-partai pendukung Jokowi angkat bicara. PKB pun menilai dukungan Hary Tanoe tidak signifikan. Sebab, Perindo tak memiliki kursi di DPR, yang dapat membantu Presiden Jokowi maju kembali di Pilpres 2019.

PDIP sendiri berharap dukungan Hary Tanoe tulus untuk Jokowi. Namun PDIP menyebut banyak penafsiran yang muncul terkait tujuan HT tersebut. Namun PDIP enggan ikut dalam fenomena itu. Apa pun tujuan Hary Tanoe, Menko Polhukam Wiranto memastikan proses hukum kasus dugaan SMS ancaman tetap berlanjut. Proses hukum tidak dipengaruhi langkah politik Hary Tanoe mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019.

“Tidak berpengaruh. Sebenernya kalau dukung-dukungan itu biasa, ya. Perubahan kebijakan partai itu juga hal yang sangat biasa,” terang Wiranto.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!