Hal yang Terjadi Pada Tubuh Apabila Anda Hobi Begadang

Hal yang Terjadi Pada Tubuh Sering Begadang

Ini dia hal yang terjadi pada tubuh apabila Anda sering begadang. Saat Anda saat ini sedang merencakan program penurunan berat badan, jangan lupa sediakan waktu untuk cukup tidur setiap malam. Alasannya, begadang merupakan salah satu pemicu kegemukan.

Selain meningkatkan nafsu makan, kurang tidur malam juga bisa membuat Anda kelelahan dan mudah beralih pada makanan di keesokan harinya.

Hal yang Terjadi Pada Tubuh Akibat Sering Begadang

Seseorang yang tidak mendapatkan cukup tidur cenderung mudah mengalami peningkatan berat badan. Ini disebabkan karena tidur itu sendiri dapat memengaruhi hormon pengatur nafsu makan: leptin dan ghrelin. Kurang tidur juga membuat Anda menjadi lebih mudah stres dan ingin makan terus-menerus.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar endocannabinoids, sebuah senyawa di otak yang terkait dengan nafsu makan. Para peneliti meyakini bahwa peningkatan senyawa ini membuat makan menjadi terasa lebih menyenangkan. Kondisi ini tanpa disadari juga mendorong Anda untuk makan lebih banyak.

Studi sebelumnya dari peneliti Swiss menunjukkan bahwa mengurangi jam tidur dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik di usus, yang bekerja efektif di sistem pencernaan. Kondisi ini memengaruhi kemampuan sistem pencernaan untuk mengolah dan mencerna, sehingga metabolisme pun terganggu.

Selain mengganggu kerja sistem pencernaan, metabolisme tubuh secara keseluruhan juga turut terpengaruh. Salah satunya membuat Anda menjadi mudah lelah dan proses pembakaran kalori menjadi terhambat. Akibatnya, jika Anda enggan berolahraga maka proses penggemukan pun akan menjadi lebih mudah terjadi.

Kurang tidur tidak hanya memengaruhi tubuh, tapi juga mengacaukan aktivitas dan kebiasaan Anda. Misalnya pada pria yang kurang tidur, maka keinginannya untuk membeli makanan tinggi kalori akan menjadi lebih tinggi, dibandingkan jika pria tersebut cukup tidur. Diduga kuat hal ini terjadi karena kurang tidur mengganggu proses berpikir, sehingga meningkatkan keinginan Anda untuk melakukan sesuatu yang bersifat impulsif.

Selain informasi di atas, Anda juga bisa baca kisah pengalaman para milyader saat di usia muda. Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!