Hal-hal Aneh yang Bisa Bikin Anda Tidur Lebih Lelap

Hal-hal Aneh Bikin Tidur Lelap

Mungkin terdengar aneh untuk di coba, namun para peniliti telah membuktikan bahwa hal-hal aneh ini bisa bikin tidur Anda lebih berkualitas. Apabila saat malam larut mata Anda tak kunjung terpejam pasti akan membuat Anda merasa jengkel. Namun Anda tidak perlu khawatir karena cara-cara ini sudah pasti bikin Anda gampang tertidur.

Hal-hal ini sudah dibuktikan dan dirangkum oleh para peniliti. Berikut ini adalah beberapa hal-hal yang aneh yang bisa Anda lakukan agar Anda lebih mudah tertidur pulas.

Mencuci Piring

Aktivitas perseptual yang dilakukan 60 menit sebelum waktu tidur bisa membantu ‘mengundang’ kantuk dan tidur lebih baik. Kegiatan ini ditengarai bisa membantu menangkap gelombang melatonin. Aktivitas yang dimaksud antara lain mencuci piring, mengajak hewan peliharan jalan-jalan, mendengarkan musik dan sebagainya.

Menurut para peneliti, melatonin adalah zat kimia di saraf yang menentukan kualitas tidur. Ketika melatonin dilepaskan, seseorang menjadi rileks, mengantuk, dan akhirnya tertidur.

Mandi

Kebiasaan ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks menjelang istirahat. Mandi malam merupakan proses pendinginan yang memberi sinyal tubuh bahwa itu adalah saatnya untuk beristirahat. Mandi sebaiknya dilakukan sekitar 90 menit sebelum tidur.

Tepat setelah mandi, Anda akan merasa lebih berenergi dan aktif. Namun dengan berjalannya waktu tubuh akan memulai proses pendinginan, sistem tubuh akan lebih siap untuk beristirahat.

Minum Susu

Para ahli berspekulasi bahwa triptofan yang terkandung dalam susu bisa membuat seseorang menjadi ngantuk akibat melatonin yang dilepaskan. Jumlah triptofan yang terkadung dalam susu belum cukup untuk menginduksi rasa kantuk.

Rasa kantuk yang dihasilkan dari segelas susu hangat lebih terkait pada efek psikologis. Susu identik dengan seorang ibu sehingga kebanyakan orang mengingat pengalaman yang menyenangkan mengenai ibu. Perasaan nyaman dan kenangan yang ada ini bisa menginduksi serotonin, yaitu bahan kimia di otak yang membentuk sensasi relaksasi serta rasa sejahtera yang memicu kantuk.

Pakai Kaus Kaki

Memakai kaus kaki bisa membuat tidur lebih nyenyak. Di tengah musim hujan dengan kondisi cuaca dingin, memakai kaus kaki saat tidur bisa menghangatkan sehingga Anda merasa lebih nyaman. Tak cuma itu, memakai kaus kaki di malam hari juga bisa mengirimkan sinyal kepada otak bahwa ini saatnya untuk tidur. Menghangatkan kaki yang dingin menyebabkan vasodilatasi, yakni pelebaran pembuluh darah.

Baca Juga : Bahan-bahan Alami yang Mampu Menjadi Pengganti Gula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!