Faktor Penyebab Bunuh Diri yang Paling Sering Terjadi

Faktor Penyebab Bunuh Diri

Faktor penyebab bunuh diri yang dilakukan seseorang tak lepas dari beberapa faktor dari lingkungan yang mampu mempengaruhinya. Mungkin seseorang itu sedang mengalami masa rentan dan sulit. Tentu hal ini mampu membuat mereka memilih untuk mengakhiri hidupnya ketimbang menanggung beban yang sangat berat.

Mereka cenderung tidak peduli seberapa besar masalah yang mereka harus hadapi seakan masalah mereka sangat besar dan tidak ada solusi untuk memecahkannya. Perubahan yang signifikan pada diri seseorang yang akan melakukan aksi bunuh diri ini cenderung menarik diri dari lingkungan sosialnya. Ini merupakan salah satu tanda kemungkinan seseorang yang akan melakukan bunuh diri. Untuk itu di perlukannya layanan kesehatan masyarakat dan kita semua untuk memahami penyebab bunuh diri pada seseorang.

Pelayanan kesehatan masyarakat sangat efektif untuk mencegah terjadinya aksi bunuh diri di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mampu menyebabkan seseorang nekat melakukan aksi bunuh diri.

Beberapa Faktor Penyebab Bunuh Diri

Salah satu penyebab terjadinya aksi bunuh diri yang paling sering adalah gangguan mental. Gangguan mental yang dimaksud itu seperti stress, kebingungan, tekanan dari berbagai faktor. Tidak hanya itu, kekhawatiran tentang harga diri juga merupakan masalah yang paling sering memicu aksi bunuh diri tersebut. Contohnya seperti mengalami pelecehan seksual serta dikucilkan dari lingkungan sekitar. Ini adalah hal yang sangat meresahkan dan mengintensifkan perasaan yang tidak pasti seperti kegelisahan yang berkepanjangan.

Depresi adalah hal yang paling utama yang hadir di masa remaja dan dewasa. Biasanya si pelaku merasa sangat putus asa, dan tidak berharga di bidang apapun. Depresi bisa sangat berbahaya bagi remaja yang mengalami kekerasan dirumah, disekolah, serta merasa terisolasi dari teman sebayanya. Sekitar 75 persen orang yang melakukan aksi bunuh diri menderita depresi yang berkepanjangan.

Kebanyakan orang mengalami bullying atau intimidasi dari lingkungan sekitar sampai tingkat tertentu. Ini adalah hal yang paling membahayakan untuk kejiwaan seseorang. Bullying memiliki efek mendalam pada bagi si korban dalam cara berpikir dan perasaan mereka. Akhirnya kebanyakan dari korban memilih untuk mengakhiri hidup mereka karena tekanan yang selama ini dihadapinya.

Faktor Penyebab Bunuh Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!