Faktor-faktor yang Bisa Menyebabkan Seseorang Bunuh Diri

Faktor-faktor Penyebab Seseorang Bunuh Diri

Berbagai alasan bisa saja memicu seseorang untuk mengakhiri hidupnya dan berikut ini kita akan membahas faktor-faktor penyebab seseorang bisa bunuh diri. Baru-baru ini kasus bunuh diri baru saja terjadi pada manajer idol group JKT48. Pria asal Jepang yang bernama Jiro Inao, ditemukan tewas gantung diri pada Selasa (21/3/2017) di kediamannya, kawasan Tangerang Selatan. Beban kerja yang terlalu berat disebut-sebut sebagai salah satu penyebab prai 48 tahun ini memutuskan mengakhiri hidupnya sendiri.

Ada enam faktor utama yang bisa menyebabkan seseorang untuk melakukan bunuh diri. Berikut enam faktor yang perlu diwaspadai pada orang dengan kecenderuangan sifat seperti berikut ini.

Depresi

Awalnya depresi ini dialami secara diam-diam oleh seseorang karena adanya emosi atau tekanan negatif. Hal ini bisa menjadi depresi akut apabila orang tersebut menahan sampai pada batas emosi tersebut menumpuk. Depresi akut biasanya diikuti oleh perasaan menderita yang menyebar. Selain itu, adanya kepercayaan bahwa lari dari perasaan tersebut akan sia-sia saja.

Gangguan Jiwa

Suara negatif dalam pikiran seseorang bisa memicu keinginan untuk menghancurkan diri sendiri. Kegilaan lebih sulit untuk ditutupi daripada depresi dan biasanya lebih tragis. Gangguan mental seperti ini biasanya disebut skizofrenia yang ditandai dengan halusinasi. Sehingga adanya pemikiran akan suatu hal yang tidak pernah terjadi. Gangguan ini bisa menyerang orang-orang sehat dan aktif yang hidupnya.

Impulsif

Pengaruh obat-obatan dan alkohol bisa membuat seseorang menjadi emosional dan bertindak impulsif. Hal ini memungkinkan keinginan untuk bunuh diri terjadi. Impulsif merupakan tindakan yang tiba-tiba atau spontan tanpa dipikir terlebih dahulu.

Keinginan untuk Diperhatikan

Mereka yang seperti ini sebenernya sedang meminta pertolongan. Namun, tidak tahu cara yang tepat sehingga biasanya dapat memicu keingin seseorang untuk bunuh diri.

Punya Konsep Kematian Sendiri

Keinginan seseorang memang beragaram, dari yang normal hingga yang aneh. Termasuk di dalamnya keinginan filosofis yang bisa memicu seseorang untuk melakukan tindakan bunuh diri.

Kecerobohan yang Diperbuat

Ini biasanya menjadi fenomena yang akhir-akhir ini kerap dilakukan generasi muda dan terjadi karena kecerobohannya sendiri.

Baca Juga : Menghadapi Myanmar, Timnas U-22 Harus Terima Kekalahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!