Fakta Soda Faktor Utama Masalah Obesitas

Fakta Soda Menjadi Salah Satu Penyebab Utama Obesitas

Fakta soda merupakan salah satu faktor utama penyebab obesitas yang sedang menjadi masalah kesehatan bagi dunia. Minuman bersoda dengan rasa manis tidak terlalu sehat. Bahkan bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam takaran berlebihan.

Meningkatnya konsumsi soda yang cukup siginifikan disinyalir menjadi salah satu penyebab obesitas dan berat badan berlebih. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengonsumsi minuman bersoda.

Jumlah Kalori

Bila Anda meneliti lebih lanjut, semua soda terdiri hanya dari gula dan kalori. Soda tidak mengandung nutrisi dan tidak menawarkan manfaat gizi sama sekali.

Satu kaleng soda mengandung 155 kalori dan 39,5 gram gula. Jika Anda minum sekaleng soda setiap harinya berat badan akan bertambah sekitar 5 hingga 7 kilo gram dalam satu tahun.

Penjelasan Ilmiah

Rumah sakit anak, Universitas California San Francisco Benioff mencatat bahwa tubuh manusia tidak dibuat untuk meminum kalori. Sinyal lapar dan kenyang dikendalikan oleh hormon yang disebut ghrelin. Ketika jumlah ghrelin dalam tubuh meningkat, Anda merasa lapar. Ketika makan tingkat ghrellin pun mereda, dan perut akan terasa kenyang. Ketika meminum soda, walaupun kalorinya banyak orang tidak akan merasa kenyang justru berat badan akan cepat naiknya.

Faktor Genetik

Beberapa orang cenderung mengidap obesitas karena adanya ifaktor genetika dari keluarga. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “The New England Journal of Medicine” pada bulan Oktober 2012, latar belakang genetik dapat meningkatkan kerentanan kenaikan berat badan dari konsumsi minuman manis.

Jika keluarga Anda memiliki keturunan obesitas, terutama jika kedua orang tua mengalami obesitas, Anda harus esktra hati-hati dengan minuman bersoda.

Memilih Minuman Yang Lebih Sehat

Untuk mencegah obesitas, diabetes, serta gigi berlubang Anda bisa mengganti minuman manis dengan yang lebih sehat seperti jus buah, atau air lemon dan jeruk yang dicampur dengan air hangat maupun air dingin. Selain membuat tubuhmenjadi sehat, Anda akan terhindar dari risiko obesitas.

Berikut di atas adalah merupakan hal-hal yang wajib anda perhatikan sebelum anda memilih untuk minum minuman bersoda. Akan lebih baik jika sehari-hari anda meminum air putih, karena air putih mampu menetralisir tubuh anda.

Baca Juga : Berikut Adalah Dampak Kesehatan Bagi Pekerja Shift Malam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!