Fakta Membakar Kalori Hanya dengan Menonton Film Horor

Film Horor Bantu Membakar Kalori

Baru-baru ini sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa menonton film horor mampu membantu membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Tentu kabar ini menjadi kabar gembira bagi pecinta film horor sekaligus yang sedang menjalani program diet.

Penelitian yang dilakukan di universitas Westiminster ini menyebutkan fakta menarik dalam film horor. Ia mengclaim bahwa film yang memicu adrenalin bisa membakar sebanyak 113 kalori dalam waktu sekitar 90 menit. Jumlah ini pun setara dengan pembakaran kalori saat jalan kaki selama satu jam.

Dari sekian banyaknya film horor, film thriller psikologis tahun 1980, The Shining dinilai paling banyak bakar kalori. Film ini mampu membakar hingga 184 kalori. Pada urutan kedua ada film Jaws yang membakar 161 kalori dan diposisi ketiga The Exorcist yang mampu membakar sebanyak 158 kalori.

Dalam penelitian ini, peneliti mengukur pembakaran kalori yang terjadi saat menonton film tersebut dengan mengamati 10 orang responden. Sambil menonton, mereka menjalani sejumlah pemeriksaan seperti pemeriksaan denyut jantung dan laju pertukaran udara saat bernapas. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis.

Dr Richard Mackenzie yang merupakan pakar metabolisme sel dari Universitas West pun mengungkapkan hasil mengejutkan dari hasil analisis tersebut. Ia mengclaim bahwa film horor tersebut bisa meningkatkan denyut jantung. Hal ini menandakan metabolisme atau pembakaran kalori pada tubuh mengalami peningkatan.

Ia juga menambahkan bahwa stress yang intens dalam waktu singkat saat menonton film horor akan memicu pelepasan adrenalin. Hormon ini memberikan efek menekan nafsu makan sehingga memicu pembakaran kalori lebih banyak.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!