Fakta-fakta Unik Otak Manusia Yang Harus Kalian Ketahui

Fakta-fakta Unik Otak Manusia

Segala hal memang di atur oleh otak, namun kalian perlu ketahui fakta-fakta unik mengenai otak manusia. Otak merupakan organ paling vital di dalam tubuh manusia. Otak berfungsi menggerakkan tubuh manusia. Namun tidak hanya itu, otak juga yang memutuskan bagaimana kita merasakan sesuatu di sekitar kita. Mengatur cara pandang kita terhadap sesuatu di sekitar kita.

Namun pada kenyataannya ota kita ternyata merupakan melakukan penipuan selama ini. Otak kita sering usil dan sering melakukan tipu daya tanpa kita sadari. Sehingga, seringkali apa yang kita anggap benar sebenarnya hanya otak kita sedang bermain-main dengan kita.

Beberapa fakta-fakta unik otak

Kejenuhan Semantik

Para ilmuwan mempelajari fenomena ini dan dan menemukan keunikan. Ketika anda mengulangi kata atau diterpa dengan kata-kata yang sama, otak anda menjadi kenyang dan mempertanyakan kata tersebut. Makin sering kata tersebut diulang, otak menjadi kurang mampu untuk menghubungkannya dengan makna. Hal ini menunjukkan bahwa otak kita bisa menipu kita karena kebosanan terhadap sesuatu.

Kebodohan Tiba-tiba

Otak ternyata bisa menipu kita dengan cara membuat kita menjadi bodoh. Contohnya dalam hal ini bagaimana seseorang yang punya opini kuat kuat terhadap sesuatu yang kotra dengan masyarakat. Contohnya seperti kanibalisme, pedofilia, atau agama, mereka akan cenderung diam. Para ilmuwan menemukan jika otak kita secara sadar mempunyai argumen bertentangan dengan norma, respon ini akan terjadi.

Hantu Hanya Tipuan Otak

Ketika anda berada pada situasi panca indera anda tak menerima input dengan baik, sering kali anda akan berhalusinasi. Maka dari itu mengapa kita sering mendengat suara aneh, atau bahkan melihat bentuk-bentuk aneh. Padahal hal ini merupakan trik dari otak karena otak kekurangan input sensorik dari panca indera kita. Hal ini membuat otak seakan-akan tetap bertugas untuk mengisi kekosongan tersebut.

Kenangan Palsu

Pikiran kita sebenernya ingin mengambil apa yang ada disekitar kita atau apa yang kita lihat namun tak selalu berhasil. Hal ini menyebabkan adanya celah dalam memori. Untuk mengisinya, terkadang pikiran kita menanam kenangan palsu yang kita pikir masuk akal berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kita.

Selain informasi di atas anda juga bisa baca berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

fakta-fakta unik otak

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!