FAKTA EKONOMI INDONESIA MEMBAIK DI TIGA TAHUN JOKOWI-JK

FAKTA EKONOMI INDONESIA MEMBAIK DI TIGA TAHUN JOKOWI-JK

FAKTA EKONOMI INDONESIA MEMBAIK DI TIGA TAHUN JOKOWI-JK : responden yang merasa puas terhadap kinerja Jokowi-JK selama 3 tahun adalah sebanyak 9,9 persen. Responden yang merasa sangat tidak puas 1,8 persen tidak puas 25,4 persen dan tidak tahu 5,3 persen. Kepuasan publik ini sejalan dengan prestasi yang ditorehkan Jokowi-JK. Misalnya saja sebesar 51,3 persen responden mulai menilai Jokowi-JK berhasil membangun infrastruktur dan 6,3 persen responden menilai Jokowi-JK berhasil menyejahterakan rakyat.

Kendati demikian di tengah kepemimpinan Jokowi-JK publik masih melihat adanya persoalan bangsa. Yakni persoalan kemiskinan kebutuhan pokok yang terus meningkat dan korupsi merajalela. PDB sektor perikanan tertinggi di ASEAN : Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan selama tiga tahun kepemimpinannya neraca perdagangan perikanan Indonesia melonjak.

Susi menegaskan ekspor produk perikanan Indonesia terus meningkat dan diperkirakan akan mencapai tujuh persen hingga akhir 2017. Sedangkan impor mengalami penurunan hingga 70 persen. Perusahaan Aneka Tuna di Thailand yang berkeinginan beroperasi di Indonesia dikarenakan kesulitan bahan baku produksi.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya terus mendrorong pelaksanaan progran e-smart IKM di Indonesia. Program tersebut merupakan salah satu program pemerintahan dalam mengembangkan industri kecil menengah (IKM). IKM pun terus didorong untuk mampu meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Dimana pergerakannya cukup signifikan setiap tahun.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan peningkatan industri menengah sedang akan mencapai 8.488 unit pada akhir 2019. Airlangga menargetkan jumlah penyergapan tenaga kerja akan terus bertambah sampai akhir 2019 hingga mencapai 17,1 juta orang tenaga kerja. Airlangga menambahkan pemerintahan Jokowi-JK juga fokus pada pembangunan industri di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dalam tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK pemerintah berhasil mengendalikan pertumbuhan ekonomi semakin membaik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sejak 2013 berada pada angka 5,56 persen. Kemudian mengalami perlambatan pada 2014 menjadi sebesar 5,01 persen. Pada 2015 menurun tajam mencapai angka 4,88 persen.

Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengklaim jumlah wirausaha baru di Indonesia naik 3,1 persen dari jumlah penduduk dalam tiga tahun Pemerintahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!