Bos Samsung Dipenjara Terbukti Bersalah Atas Dugaan Menyuap

Bos Samsung Dipenjara

Bos Samsung dipenjara 5 tahun terkait korupsi. Pewaris Samsung Group yang juga Wakil Ketua Samsung Electronics, Lee Jae-yong dituduh bersalah. Diyakini ia terlibat serangkaian korupsi, mulai dari penyuapan, penggelapan, hingga penyembunyian aset di luar negeri.

Wakil Direktur Samsung Electronics, Jay Y. Lee, mengajukan banding atas vonis lima tahun penjara dalam perkara suap dan beberapa kasus lainnya. Dengan demikian, maka Lee masih dibui selama empat bulan sambil menunggu proses bandingnya di pengadilan tinggi.

Kabar itu diumumkan di laman situs Pengadilan Distrik Seoul Pusat hari ini. Ketika dikonfirmasi soal banding kliennya, kuasa hukum Lee malah melemparnya kepada juru bicara Samsung. Namun, juru bicara Samsung menolak memberikan komentar apapun.

Vonis penjara terhadap Lee mengungkap suburnya praktik korupsi dalam ekonomi Korea Selatan selama beberapa dekade. Tentu hal tersebut dikuasai oleh keluarga konglomerat. Lee ditahan pada Februari lalu karena diduga menyuap politikus yang terpilih menjadi Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye. Tujuan dari penyuapan ini supaya mengamankan bisnisnya, termasuk kelangsungan Samsung Electronics.

Jenis bisnis Grup Samsung beragam. Mulai dari obat-obatan, peralatan rumah tangga, asuransi, hingga hotel. Dampak dari putusan pengadilan, nilai saham Samsung anjlok hingga 1,6 di bursa saham Korea Selatan. Sedangkan menurut indeks Kospi, saham Samsung turun sebesar 0,4 persen.

Selain berita di atas, Anda bisa juga baca berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!