Bencana-bencana Alam Terbesar di Sepanjang Sejarah Manusia

Bencana-bencana Alam Terbesar

Bencana-bencana alam terbesar tentu bisa merubah hidup manusia. Perubahan dari bidang sosial maupun ekonomi benar-benar layaknya membentuk budaya baru. Namun, bencana alam dari tahun ke tahun yang selalu muncul biasanya justru menghasilkan berbagai inovasi hebat. Tentu dari hal ini kita bisa sedikit melakukan antisipasi jika berbagai bencana yang tak bisa kita elakkan tersebut muncul.

Berikut ini telah kumpulkan bahwa ada beberapa bencana alam terbesar di dunia yang telah terjadi di sepanjang sejarah manusia.

Bencana-bencana Alam Terbesar Dunia di Sepanjang Sejarah Manusia

Danau Toba yang kita kenal ada di Sumatera Utara, ternyata dulunya merupakan gunung berapi yang meletus sekitara 75.000 tahun yang lalu. Letusan Toba sendiri digadang-gadang sebagai letusan terbesar dalam sejarah geologi, dengan dengan Indeks Ledakan Vulkanis mencapai angka 8.  Letusan ini memuntahkan 2.8000 kilometeri kubik debu dan batuan ke atmosfer. Saking kerasnya, letusan ini sedikit banyak telah dikaitkan dengan bagaimana garis keturunan dari nenek moyang kita terbentuk. Di era ini diperkirakan persilangan manusia turun drastis hingga DNA manusia proporsinya kecil dan tak beragam.

Letusan Minoa adalah letusan yang menghancurkan peradaban Minoa dan juga masyarakat Mediterania di masa itu. Letusan ini terjadi di 3.500 tahun yang lalu. Indeks letusannya berada di antara angka 6 dan 7, dan mendorong sekitar 60 kilometer kubik debu dan batu ke atmosfer. Pasca bencana ini, terbentuklah peradaban maju pertama di daratan Yunani, dengan sistem kenegaraannya, organisasi gaya perkotaan, karya seni, serta karya tulis.

Angin topan Bhola meluluhlantakka pantai Bengal pada tahun 1970. Daerah tersebut dulu adalah Pakistan daerah timur yang kini menjadi Bangladesh. Badai tersebut membunuh lebih dari 500.000 orang, dengan gelombang yang menggenangi pulau dataran rendah di cekungan Gangga.

Kuwae adalah gunung berapi bawah laut dan kaldera di Vanuatu, kepulauan di Pasifik. Ini adalah salah satu daerah vulkanik paling aktif di dunia, dengan erupsi bawah laut yang sangat produktif. Bahkan, karena letusan-letusan di area ini, terbentuklah berbagai pulau kecil.

Secara resmi, 240 rubu hingga 255 ribu orang terbunuh. Namun jika dikira-kira tanpa perhitungan resmi, ada 600 ribu hingga 700 ribu orang tewas dalam gempa tersebut. Kawasan ini sendiri merupakan kawasan pusat industri dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Selain informasi-informasi di atas, baca juga berita-berita yang tidak kalah menariknya hanya di LiputanKompas.

bencana-bencana alam terbesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!