Bahan-bahan Alami yang Mampu Menjadi Pengganti Gula

Bahan-bahan Alami Pengganti gula

Menjaga kesehatan pada tubuh khususnya bagi  Anda yang menderita diabetes, sebaiknya pakailah bahan-bahan alami sebagai pengganti gula. Jangan mengonsumsi gula lebih dari 150 kalori per hari. Apabila Anda mengonsumsi gula lebih dari batas yang ditentukan tersebut makan tentu saja akan mengakibatkan lonjakan gula darah yang membahayakan.

Gula tak hanya berwujud dengan gula pasir saja. Sebabnya gula ada pula gula olahan yang bisa menjadi pemicu penyakit lain. Beberapa contoh penyakit lain, yakni obesitas, kerusakan gigi, penyakit jantung, gangguan kognitif, hingga beberapa jenis kanker.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga badan Anda dengan cara menjaga asupan gula harian Anda agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. Berikut ini ada beberapa bahan-bahan alami yang baik sebagai pengganti gula, khususnya bagi penderita diabetes.

Stevia

Sudah menjadi hal yang sangat umum jika stevia digunakan sebagai bahan makanan alami pengganti gula. Hal ini diketahui dari survei para peneliti bahwa stevia sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, para peneliti juga sudah menemukan alternatif, yakni stevia dalam bentuk tablet, cairan ekstraksi, hingga bubuk.

Sirup Maple

Sirup maple mengandung sekitar 70% sukrosa dan rendah fruktosa. Selain itu sirup maple juga kaya akan kalsium, kalium, seng, dan mangan yang tentunya lebih sehat untuk tubuhmu.

Gula Kelapa

Gula kelapa adalah makanan alami pengganti gula yang banyak digunakan di Indonesia. Satu sendok makan gula kelapa mengandung sekitar 16 kalori dan tinggi vitamin C serta kalium. Selain itu gula kelapa juga kaya seng, zat besi, fosfor, kalsium, serta fitonutrien. Hal ini menjadikan gula kelapa sebagai alternatif pengganti gula terbaik bagi penderita diabetes.

Madu

Madu juga umum digunakan sebagai pengganti gula. Madu mengandung 80% gula alami, 18% air, 3% mineral, protein, dan vitamin. Tak hanya itu saja, madu juga sarat akan zat antioksidan.

Kurma

Kandungan gula yang terdapat dalam kurma adalah sekitar 80% dan terdiri dari fruktosa, sukrosa, serta glukosa.

Baca Juga : Benarkah Ini 6 Zodiak Yang Bawaannya Cakep Sejak Lahir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!