Anies-Sandi Tetap Meniru Ahok Dalam Memimpin DKI Jakarta

Anies-Sandi Tetap Meniru Ahok

Tampaknya Gubernur DKI Jakarta belum mempunyai cara sendiri untuk memimpin DKI, terlihat bahwa Anies-Sandi tetap meniru Ahok dalam memimpin. Seperti kita ketahui bahwa pasangan ini baru saja dilantik oleh presiden Jokowi beberapa hari yang lalu. Mereka mempunyai pekerjaan rumah besar memimpin ibu kota selama lima tahun ke depan.

Anies dan Sandi mengaku akan terus belajar dari gubernur-gubernur pendahulu mereka. Termasuk Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok. Dalam memimpin Jakarta, Anies dan Sandi tak segan meniru cara yang sudah dijalankan Ahok. Seperti halnya dalam rapat.

Semasa menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ahok selalu mengunggah video rapat ke Youtube. Alasannya agar masyarakat bisa melihat sendiri bagaimana pembahasan rapat. Yakni pembahasan rapat dengan PNS DKI maupuk pihak-pihak yang bekerja sama dengan pemprov. Cara itu sepertinya akan tetap dipakai Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Sandi memastikan video akan ditayangkan lengkap dan tidak dipotong-potong supaya tak menimbulkan pertanyaan dan dugaan direkayasa. Cara lain yang bakal dilanjutkan Anies dan Sandi dalam hal menerima pengaduan masyarakat Jakarta. Ahok memulai menerima pengaduan semenjak menggantikan Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia menerima pengaduan sebelum memulai pekerjaan.

Cara serupa juga sempat diadopsi oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Namun politisi PDIP tersebut tidak bisa mengikuti pola tersebut secara berkala. Akhirnya, mantan Walikota Blitar ini memutuskan menugaskan jajaran SKPD untuk menerima pengaduan. Kini, cara itu dilanjutkan oleh Anies dan Sandi.

Anies Baswedan memutuskan untuk menerima pengaduan warga secara langsung. Sebelumnya, pengaduan diterima oleh petugas dinas di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta.

Bagi Anies maupun Sandi, belajar dari para pendahulunya mutlak dilakukan untuk mengurus kota sebesar Jakarta. Karena itu Sandi sedang menjadwalkan pertemuan dengan para mantan Gubernur DKI Jakarta. Termasuk dengan Ahok. Sandi menyebut pertemuan tersebut merupakan salah satu forum yang sebelumnya memang telah direncanakannya bersama Anies Baswedan.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!