Ahok Dipenjara di Mako Brimob Dengan Alasan Keamanan

Ahok Dipenjara di Mako Brimob

Pihak Lapas Cipinang telah memutuskan Ahok Dipenjara di Rutan Mako Brimob untuk menjalani pidana penjara atas kasusnya. Diketahui bahwa kasus yang sedang dijalani Ahok ini merupakan kasus penodaan agama. Jaksa Agung M Prasetyo menegaskan tugas jaksa pada Kejari Jakarta utara untuk mengeksekusi ahok sudah selesai.

Dari laporan yang diterima Prasetyo, pihak Lapas mempertimbangkan kondisi keamanan bila ahok ditempatkan di Cipinang. Keputusan itu merupakan kewenangan pihak Lapas. Namun, Prasetyo belum mendapat laporan mengenai alasan keamanan yang dimaksud pihak Lapas.

Menurutnya, pejabat sementara Kalapas Cipinang mengirimkan surat kepada Mako Brimob Depok untuk menempatkan sementara Ahok. Petugas LP Cipinang mendatangi Rutan Mako Brimob pada sekitar pukul 16.00 WIB untuk proses administrasi eksekusi Ahok.

Eksekusi dilakukan setelah Pengadilan Tinggi DKI memutuskan mengabulkan pencabutan banding yang diajukan jaksa pada 13 Juni 2017. Surat salinan kemudian dikirimkan ke Kejari Jakut pada 19 Juni yang menjadi dasar eksekusi Ahok. Ahok mencabut permohonan banding karena menyatakan menerima hukuman 2 tahun penjara yang harus dijalaninya.

Menkum HAM Yasonna H Laoly menegaskan Ahok ditempatkan di Rutan Mako Brimob karena alasan keamanan. Menurutnya bila Ahok ditempatkan di Lapas Cipinang Laoly tidak bisa menjamin karena khawatir dengan kondisi sel yang ditempati narapidana lain. Selain itu, Jumlah napi di Cipinang jumlahnya juga sudah melebihi daya tampung lapas.

Keluarga Setuju Ahok Dipenjara di Mako Brimob

Pertimbangan lainnya adalah perkara yang membuat Ahok menjadi terpidana yakni penodaan agama. Perkara itu menurut Laoly menyita perhatian banyak orang.

Ahok dihukum 2 tahun penjara karena dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agam karena pernyataanya. Pernyataannya ini mengenai soal surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada 27 September 2016.

Pihak keluarga dan pengacara Ahok juga sepakat dengan keputusan pihak Lapas Cipinang untuk menitipkan Ahok di Rutan Mako Brimob Depok. Ancaman keamanan disebut tidak main-mainh. Keselamatan Ahok ditaruhkan bila dipaksa tetap di Lapas Cipinang.

Menurut Laoly kasus ini dikhawatirkan bisa memicu reaksi napi di Lapas Cipinang bila Ahok menjalani hukuman di tempat tersebut. Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

ahok dipenjara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!