Daftar 7 Keajaiban Bawah Air Terindah yang Telah Resmi Diumumkan

7 Keajaiban Bawah Air Terindah di Dunia

7 Underwater Wonders of the world atau 7 Keajaiban Bawah Air Terindah di dunia baru saja resmi diumumkan. Sebuah organisasi yang berbasis di Amerika, CEDAM Internasional baru saja mengumumkan daftar tersebut. Organisasi tersebut bergerak di bidang nirlaba dimana anggotanya merupakan penyelam dan didedikasikan untuk pelestarian serta penelitian kelautan.

Pada tahun 1989, CEDAM mengumpulkan panel ilmuwan kelautan, termasuk Dr. Eugenie Clark. Tujuannya adalah untuk memilih daerah bawah air yang menurut mereka layak untuk dilindungi. Berikut ini adalah 7 keajaiban bawah laut yang memiliki kekayaan bawah laut paling menakhubkan di dunia yang perlu dilestarikan.

Daftar 7 Keajaiban Bawah Air Terindah

Palau merupakan salah satu yang termasuk di daftar tersebut. Berlokasi di Mikronesia, memanjang sejauh 800 Kilometer hingga ke perairan Filipina. Meliputi 343 pulau tropis yang cantik dan berlimpah kekayaan alam. Jaringan terumbu karang di Palau terbentuk 2 juta tahun yang lalu. Beberapa titik yang paling terkenal di Palau antara lain Blue Corner dan Rock Islands. Selain itu Palau juga memiliki danau unik yang dihuni jutaan ubur-ubur tak bersengat.

7 Keajaiban Bawah Air Terindah

Belize Barrier Reef adalah jaringan terumbu karang menakjubkan yang berada di lepas pantai Karibia Atlantik Belize. Salah satu titik terindah dari Belize Reef Barrier adalah Lighthouse Reef. Di sinilah Belize Blue Hole yang terkenal itu berada. Lubang bawah air dengan diameter 305 meter dan kedalaman 122 meter itu merupakan salah satu lokasi penyelaman populer di Belize.

7 Keajaiban Bawah Air Terindah

Great Barrier Reef adalah satu-satunya organisme kolektif yang bisa dilihat dari orbit bumi. Letaknya di pantai timur laut Australia. Area ini merupakan ekosistem karang terbesar di planet bumi. Di sini bisa ditemukan nyaris semua spesies karang yang ada di dunia. Begitu juga dengan berbagai spesies hewan dan tanaman laut.

Deep sea vents atau ventilasi laut dalam juga dikenal sebagai ventilasi hidrotermal. Berupa cerobong-cerobong di dasar laut yang menyemburkan air panas layaknya geyser. Satu lagi keistimewaan deep sea vents adalah kemampuannya untuk menopang ekosistem tanpa sinar matahari yang terbentuk di sekitarnya.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!